Nah, kali inipun saya akan membuat tutorial menggunakan teknik box modeling. saya akan membuat sebuah model pesawat yang sangat super duper sederhana (saking sederhananya…^_^).
1. klik panel Create > Geometry > Box untuk membuat box. Atur parameter Length=50, Width=120 dan Height=35.
13. Ok, sekarang bentuk kapal sudah mulai kelihatan. Tapi masih sangat mentah karena sudut-sudutnya belum mulus seperti pesawat asli.
15. Bentuk pesawat akan menjadi seperti ini....
16. Sekarang, supaya pesawat lebih sangar, kita tambahkan rocket di kedua bagian bawah sayap. Untuk membuatnya, seleksi polygon pada bawah sayap memanjang seperti gambar.
17. Dengan Inset dan Extrude, buat agar polygon menebal dan timbul seperti gambar dibawah...
18. Dengan Inset dan Extrude pula, bentuk agar bagian depan rocket seperti gambar dibawah.
19. Selanjutnya, dengan tool Select and Scale, perkecil polygon hingga runcing seperti ini:
20. Sekarang, kapal pun sudah siap tempur...
Saya menambahkan jendela dibagian depan. Cara membuatnya, dengan memilih empat polygon yang menyerupai kaca pesawat dan menggunakan tombol Inset dan Extrude supaya menjorok kedalam...
21. Agar pesawat lebih mulus lagi, tambahkan Modifier List: Turbo Smooth dengan iterations=2.
22. Hasilnya setelah dirender dan diberi material:
Untuk material, saya menggunakan warna dasar putih dengan specular tinggi supaya terlihat kinclong. Selain itu, pada tab maps, saya mengaktifkan ceklis diffuse color dan bump dengan gambar tembok supaya terlihat kasar dan tidak terlalu polos.
Hasilnya memang sangat sederhana, tapi saya harap agan paham dengan teknik dasar dari box modeling ini. Dengan mengetahui dasar box modeling ini, agan bisa membuat model yang lebih rumit lagi sesuai kreatifitas agan masing-masing. Selamat berkarya....
Post a Comment